Pages

RSS



Kpop Sudah Ada Sejak Jaman Dinasti Joseon


Musik Kpop (Korean Pop) atau Musik Pop Korea, sudah dikenal sejak tahun 1930an. Berbagai sumber literatur menyebutkan, Kpop pertama kali muncul pada tahun 1930 akibat masuknya musik pop Jepang yang juga turut memengaruhi unsur-unsur awal musik pop di Korea.

Penjajahan Jepang atas Korea juga membuat genre musik Korea tidak bisa berkembang dan hanya mengikuti perkembangan budaya pop Jepang pada saat itu. Pada tahun 1950-an dan 1960-an, pengaruh musik pop barat mulai masuk dengan banyaknya pertunjukkan musik yang diadakan oleh pangkalan militer Amerika Serikat di Korea Selatan.

Musik Pop Korea awalnya terbagi menjadi genre yang berbeda-beda, pertama adalah genre "oldies" yang dipengaruhi musik barat dan populer di era 60-an. Pada tahun 1970-an, musik rock diperkenalkan dengan pionirnya adalah Cho Yong-pil. Genre lain yang cukup digemari adalah musik Trot yang dipengaruhi gaya musik enka dari Jepang. Kemudian jadi satu kesatuan sejak popularitasnya berkembang mulai tahun 2000.

Namun siapa sangka ternyata musik Kpop ini sudah ada sejak jaman dinasti Joseon 600 tahun yang lalu!

Adalah seorang ahli sejarah Profesor Kim Hong Seok yang menjelaskan bahwa musik Kpop ini sudah ada sejak era Joseon berkuasa di Korea Selatan. Prof.Kim mengklaim menemukan beberapa fakta dari data-data dan artepak sejarah yang menghubungkan musik Kpop dengan Dinasti Joseon.

Koreografi yang sekarang banyak diperagakan oleh group Kpop sudah diprediksi dalam catatan sejarah "Samgukji Wuiji Dongijeon". Disana ditemukan beberapa kalimat yang menunjukan perkembangan musik era Joseon dimasa depan diantaranya:
  • “Namyeo Gunchuigamu” yang artinya laki-laki dan perempuan berkumpul untuk menikmati musik dan tari
  • “Sujocksangeung” yang artinya menggerakkan lengan dan kaki beriringan
  • “Dapjijeoang” yang artinya gerakan berlari di tempat dengan kedua kaki
Menurut Profesor Kim Hong Seok "variasi genre musik yang ada berasal dari Jangagwon di Joseon, dan ada genre tertentu dari musik sekarang yang bisa membawa kepada akar sumbernya" Dia menunjukan beberapa gambar artepak yang menyerupai gerakan tarian beberapa group Kpop sekarang.

Perhatikan gambar berikut:


Bisa terlihat jelas bahwa artepak gambar terebut sama dengan 2 grup Kpop ternama yaitu 2PM dan Miss A. Dan yang mengejutkan lagi, bukan hanya gaya koreografinya saja yang sama, nama group merekapun memiliki kesamaan.


Arti dari kata "mi si" adalah waktu diantara jam 1 siang dan jam 3 siang yang berarti Jam 2 siang (2PM)
Arti kata "mi su ae" –  adalah kecantikan, keanggunan dan kejelitaan. Di era Joseon Missuae adalah kelompok gabungan pemusik dari Korea dan China yang sama persis dengan Miss A yang terdiri dari member Korea (suzy dan Min), member Cina (Fei dan Jia).

 silahkan simak video berikut:


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar